Butuh bantuan?Kontak Informasi
5 Channel YouTube Terbaik Untuk Belajar Bahasa Jepang

5 Channel YouTube Terbaik Untuk Belajar Bahasa Jepang

Belajar bahasa jaman sekarang nggak cuma buat punya nilai mata pelajaran bagus aja lho. Kesempatan mengenal budaya negara lain menjadi motivasi lebih yang bakal memudahkan kamu, apalagi yang ingin tinggal atau bekerja di negara tersebut.

Bahasa Jepang contohnya, negara dengan beribu keunikan itu sudah terkenal banyak yang ingin mendalami bahasanya. Promosi budaya yang keren seperti melalui JPop, Anime dan teknologi yang luar biasa menjadikan Jepang begitu menarik.

Nah 5 channel YouTube ini bakal bantu kamu untuk belajar bahasa Jepang nih.

1. Learnjapanesewithjapanesepod101.com

Disini kamu akan melihat video-video pembelajaran bahasa jepang secara step by step. Mulai dari mengenal huruf dasar hiragana hingga pengucapan-pengucapan sehari-hari.

Bahasa yang digunakan pun menggunakan bahasa Inggris yang cukup mudah untuk didengar. Host-nya pun terbilang menawan sehingga harusnya kamu makin semangat dong. Sebut saja seperti Risa dan Alisha. Jadi kapan kamu bakal mulai belajar berbahasa nih?

2. Nihonggo Mantappu

Kalau sebelumnya dibawakan dalam bahasa Inggris, nah kalau ini bakal dibawakan dalam bahasa Indonesia nih. Nihonggo Mantappu sendiri dibawakan secara santai sehingga kamu bisa memahaminya seakan-akan mereka mengajak ngobrol kamu.

Video tersebut dibawakan oleh 2 orang salah satunya Jerome Polin. Jerome Polin sendiri merupakan alumni dari Universitas Top di Jepang. Jadi bisa jadi motivasi kalian juga nih siapa tahu “getol” lihatin nih video bisa jadi kalian ke Jepang juga.

3. Wordpie

Nah, channel yang satu ini punya cara khas tersendiri nih. Wordpie memberikan pembelajaran dengan irama lagu dengan gaya rap dan selanjutnya menjadi lagu pop. Lirik lagunya yaitu vocabulary dalam bahasa Inggris lalu dilanjutkan dengan terjemahan bahasa Jepangnya.

Tampilan yang menunjukkan benda yang dibahas memudahkan kita untuk memahami. Selain menyenangkan, kalian jadi lebih merasa bernyanyi bukan yang secara tidak sadar kalian justru sedang belajar. Wordpie memiliki cukup banyak video sehingga boleh banget nih untuk di subscribe.

4. Belajar bahasa Jepang

Buat kamu yang suka dengan pola pembelajaran dengan cara pembahasan yang formal dan jelas, maka channel ini cocok buat kamu. “Belajar bahasa Jepang” memberikan model video yang berisi kata-kata dengan percakapan seorang pria dan wanita.

Materi yang dijelaskan pun mulai dari percakapan dasar yang biasa diucapkan hingga kosakata sehari-hari. Cocok banget buat kamu yang memang udah mantap dan lagi kondisi mood bagus buat belajar bahasa Jepang.

5. WaGoMu

Diajarin bahasa Jepang sama cewek cantik siapa yang nggak mau ya kan? Nah, di channel ini pembelajaran bahasa Jepang yang dijelaskan oleh host cantik dan kawaii  kak Amanda sangat mudah dipahami dan dipresentasikan dengan menyenangkan. Penjelasannya yang santai dan banyak memberikan contoh penggunaanya membuat belajar bahasa Jepang di channel terasa mudah sekali.

Didukung dengan tampilan visual dan editing yang ciamik, menambah betah untuk terus-terusan mantengin channel edukatif yang satu ini nih, cocok banget buat kalian yang males belajar lewat buku yang bikin cepat bosan.

Peragaan Tarian Jepang oleh Siswi Program Caregiver LPK Aoisora Sinar Indonesia

Peragaan Tarian Jepang oleh Siswi Program Caregiver LPK Aoisora Sinar Indonesia

Bekerja di panti lansia Jepang itu menyenangkan lhoo. Kegiatan yang dilakukan di tempat kerja tidak hanya melulu tentang merawat orang tua seperti menyiapkan makanan, menjaga kebersihan, atau menyiapkan tempat tidur pasien saja kok, tapi masih banyak kegiatan-kegiatan menarik yang biasanya dilakukan selama bekerja. Mulai dari memandu senam pagi, bermain games, menari dan menyanyi bersama dan lain-lain. Seperti misalnya apa yang sedang dilakukan oleh Siswi LPK Aoisora Sinar Indonesia ini nih. Novita-san, Nur-san dan Putri-san dengan mengenakan yukata nya memandu para pasien panti untuk ikut menarikan tarian khas Jepang bersama-sama.

12 Cara cepat dan mudah mempelajari Bahasa Jepang

12 Cara cepat dan mudah mempelajari Bahasa Jepang

1. Awali dengan Niat
Niat yang kuat adalah salah satu elemen terpenting dalam mempelajari bahasa Jepang secara cepat. Dengan niatan yang memang dilandasi dari dasar hati dan keinginan kuat untuk benar-benar bisa menguasai bahasa Jepang, belajar bahasa Jepang akan tetap bisa dijalani dan dipahami secara cepat tanpa ada halangan apapun.

Meskipun ada halangan seperti sakit, tidak sempat belajar atau halangan-halangan lainnya, karena memang sudah dilandasi oleh niat yang kuat, pasti semua halangan tersebut dapat dilawan dengan mudah dan akhirnya kita akan dengan lancar memahami bahasa Jepang.

Memang, pada hakikatnya, niat adalah modal yang sangat penting untuk kita melakukan suatu hal. Jadi, untuk mereka yang benar-benar ingin menguasai bahasa Jepang, bulatkanlah tekad untuk mempelajarinya karena memang niatlah yang menjadi salah satu cara cepat untuk kita mempelajari bahasa Jepang.

2. Cari Alasan.
Cara cepat untuk belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan mencari alasan kenapa kita harus mempelajari bahasa Jepang. Banyak orang yang berhenti ditengah jalan dalam mempelajari bahasa Jepang karena memang dia sebenarnya tidak memiliki alasan dalam mempelajari bahasa Jepang.

Padahal, alasan-alasan inilah yang kelak dapat membantu dan memotivasi kita dalam belajar bahasa Jepang. Alasannya pun berbagai macam sebenarnya, bisa alasan karena kita ingin jalan jalan ke Jepang, bisa alasan karena kita menyukai anime Jepang atau yang paling ekstrim, alasan karena kita ingin menikahi orang Jepang.

Semua wajar. Yang jelas, alasan-alasan tersebut dapat membantu kita untuk mendapatkan apa yang memang kita cari. Kalau memang kalian ingin mempelajari bahasa Jepang dengan cepat, carilah alasan sebanyak-banyaknya agar kita bisa mempelajari bahasa Jepang dengan baik dan benar.

3. Biasakan Mendengarkan Kalimat-Kalimat berbahasa Jepang.
Banyak orang yang akan paham jika mereka mendengarkan terlebih dahulu. Oleh karena itu, metode mendengarkan kalimat-kalimat berbahasa Jepang ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara cepat kita untuk belajar bahasa Jepang yang cukup efektif.

Pasalnya, dengan sering-sering mendengarkan kalimat berbahasa Jepang, lambat laun kita akan memahami tata bahasa, pengucapan serta kosa kata yang biasa dilafalkan oleh orang-orang Jepang sana.

Kebanyakan orang memang terkesan susah dalam melafalkan bahasa Jepang, maka, untuk mengurangi rasa susah itu, terlebih dahulu kita awali pembelajaran dengan mendengarkan bagaimana orang-orang jepang itu berbicara.

4. Biasakan Mengucapkan Kalimat-Kalimat Berbahasa Jepang.
Setelah pada poin nomer 4 di atas telah ditunjukkan bagaimana mendengarkan kalimat berbahasa Jepang bisa menjadi metode cepat belajar bahasa Jepang yang efektif, maka selanjutnya di poin nomer 5 ini adalah praktek dari mendengarkan yaitu mengucapkan.

Ketika kita sudah benar-benar paham dengan dan peka akan kalimat-kalimat berbahasa Jepang, ada baiknya kita mencoba untuk mengucapkan kalimat-kalimat berbahasa Jepang itu sedikit-sedikit. Mulai dari kalimat-kalimat yang paling mudah, hingga kalimat-kalimat yang sulit.

Lama kelamaan, apa yang kita pelajari dan kita praktekan tersebut akan dengan mudah terserap di dalam otak dan kita akan memahami bahasa Jepang dengan cepat.

5. Menulis Kalimat-kalimat berbahasa Jepang.
Menulis adalah kegiatan yang dapat merefleksi otak untuk mengingat sesuatu. Dengan menulis, kita akan lebih mengingat sesuatu yang ada di dalam benak dan otak kita. Oleh karena itu, cara cepat belajar Bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan kita menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang.

Metode ini jelas sangat efektif mengingat ketika kita menulis, otomatis kita akan berpikir sekaligus melafalkan apa-apa yang hendak kita tulis. Maka bisa dikatakan bahwa metode belajar bahasa Jepang dengan menulis ini adalah pembelajaran sambil menyelam minum air. Menulisnya dapat, melafalkannya dapat, pun juga memahaminya juga dapat.

Oleh karena itu, untuk mereka yang hendak memahami bahasa Jepang dengan cepat, metode menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang ini bisa menjadi salah satu cara yang juga efektif.

6. Perkuat Motivasi
Segala sesuatu membutuhkan motivasi.

Oleh karena itu, cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah memperkuat motivasi kita dalam mempelajari bahasa Jepang. Sesuai dengan pengertiannya, motivasi adalah suatu dorongan yang dapat membuat seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam hal ini, tujuan kita adalah menguasai bahasa Jepang. Maka, perkuatlah motivasi-motivasi yang dapat membuat kita mencapai tujuan tersebut. Alhasil, kita akan tertarik jiwanya untuk mempelajari bahasa Jepang secara tekun dan rutin.

Orang yang mempunyai motivasi tinggi akan segala sesuatunya, niscaya mereka akan mendapatkan apa yang dia inginkan. Tak terkecuali dengan mempelajari bahasa Jepang ini.

Jadi, ayolah motivasi dirimu untuk belajar.

7. Mempelajari kata dasar bahasa Jepang.
Untuk mempelajari sesuatu, ada baiknya kita mempelajarinya dari dasar.

Benar. Itu pun berlaku untuk kita yang hendak mempelajari bahasa Jepang. Salah satu cara cepat belajar Bahasa Jepang yang paling efektif adalah dengan mempelajari bahasa Jepang dari dasarnya terlebih dahulu. Kita bisa mempelajari tentang bagaimana penulisan atau pelafalan angka berbahasa Jepang. Kita bisa mempelajari tentang bagaimana penulisan atau pelafalan kata ganti dalam bahasa Jepang. Kita bisa mempelajari tentang bagaimana penulisan atau pelafalan kata sapaan dalam berbahasa Jepang.

Prinsipnya, pembelajaran yang dimulai dari dasar kelak akan membawa kita dalam puncak penguasaan. Jadi, pelajarilah bahasa Jepang mulai dari dasar terlebih dahulu. Ada banyak cara, kok.

8. Mempelajari Tata Bahasa Jepang
Cara Cepat Belajar Bahasa Jepang Berikutnya adalah dengan Mempelajari Tata Bahasanya karena tata bahasa adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur mengenai penggunaan bahasa. Maka, merujuk pada pengertian tersebut, langkah selanjutnya setelah kita sudah menguasai tentang kata-kata dasar bahasa Jepang adalah dengan mempelajari tentang tata bahasa Jepang.

Hal ini tentu sangat penting dan termasuk dalam salah satu cara cepat untuk mempelajari bahasa Jepang yang efektif. Pasalnya, dengan mengacu pada pembelajaran yang runtut dan penggunaan tata bahasa yang jelas dalam berbahasa Jepang, hal itu akan sangat membantu kita dalam penguasaan bahasa Jepang.

Kita bisa mempelajari tata bahasa Jepang ini dengan teratur, berkesinambungan dan tentunya adalah tekun. Sebagaimana namanya belajar, kita tidak perlu takut jika nanti kita salah dalam membuat kalimat berbahasa Jepang atau kita menemukan kalimat-kalimat yag membenting. Yang terpenting dari pembelajaran tata bahasa Jepang ini, kita bisa menyusun kalimat dalam konteks masa sekarang, masa lalu, masa yang akan terjadi, dan juga masa yang sudah terjadi secara benar.

Bagaimana agar bisa menguasainya?

Ya terus latihan dong.

9. Mencari kenalan orang Jepang atau belajar dari Orang yang Pandai Berbahasa Jepang.
Setiap orang membutuhkan guru dalam pembelajarannya jika dia ingin cepat menguasai suatu hal.

Ya, hal ini pun termasuk dalam pembelajaran berbahasa Jepang. Salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang yang cukup efektif adalah dengan kita mencari tentor atau kenalan orang yang memang sudah pandai berbahasa Jepang.

Dengan begitu, kita bisa dilatih tentang bagaimana pelafalan maupun penulisan bahasa Jepang yang baik dan benar. Keberadaan orang yang mau jadi tentor atau orang yang memang sudah pandai berbahasa Jepang ini tentu akan mengawal kita dalam mempelajari bahasa Jepang secara baik dan benar, sehingga nantinya kita bisa tau seberapa jauh perkembangan kita dalam berbahasa Jepang dan pada sisi mana kekurangan kita dalam berbahasa Jepang yang nantinya dapat kita perbaiki.

Menguntungkan sekali bukan jika kita mempunyai banyak teman?

10. Mengenali huruf serta pelafalan bahasa Jepang.
Untuk mereka yang hendak mempelajari bahasa asing, hal pertama yang seharusnya harus mereka pahami adalah tentang huruf serta pelafalan bahasa tersebut.

Oleh karena itu, cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya yang bisa terbilang efektif adalah dengan kita mengenali huruf serta pelafalan bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, kita mengenal empat daftar huruf diantaranya adalah Hiragana, Romaji, Katakana dan juga Kanji.

Untuk mempelajari bahasa Jepang, terlebih dahulu kita harus paham mengenai kata-kata tersebut, seperti misal kita paham bahwa huruf Hiragana sering digunakan di dalam kehidupan sehari-hari ataupun kita paham bahwa huruf kitakana itu hanya digunakan untuk kata-kata yang berasal dari bahasa asing.

Jadi mau mulai dari kapan untuk memahami huruf serta pelafalan bahasa Jepang?

11. Memperbanyak Kepustakaan Kosakata bahasa Jepang.
Cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan memperbanyak kepustakaan kosakata bahasa Jepang. Oleh karena itu, untuk mereka yang ingin menguasai bahasa Jepang, ada baiknya mereka membuat semacam target dalam sehari harus menguasai seberapa banyak kosa kata bahasa Jepang.

Kepustakaan kosakata bahasa Jepang itu bisa digali melalui bacaan-bacaan berbahasa Jepang ataupun acara-acara TV yang memang menggunakan bahasa Jepang. Sekedar saran, agar kosakata yang dikuasai nantinya adalah kosakata yang baku dalam bahasa Jepang, ada baiknya kalian sering-sering membaca media massa yang mana memang penggunaan bahasanya sangat baik dan layak untuk dipelajari.

12. Berani dan Jangan Patah Semangat.
Cara cepat belajar bahasa Inggris selanjutnya tentu mencakup masalah mental pada diri kita sendiri. Keberanian dan rasa tangguh dipertaruhkan dalam mempelajari bahasa Jepang ini. Pasalnya, kita sering sekali melihat bagaimana orang-orang berhenti ditengah jalan dalam mempelajari bahasa Jepang hanya karena dia merasa tidak kunjung mahir dalam berbahasa Jepang. Selain itu, ada banyak orang yang langsung kehilangan semangat ketika dia melihat orang lain sudah jauh di depan tapi dia masih stuck disitu-situ saja.

Oleh karena itu, disini sangat dibutuhkan keberanian dan ketangguhan untuk tetap komitmen pada niat awal kita yaitu : menguasai bahasa Jepang.

Jadi, sudah siapkah kalian untuk menguasai bahasa Jepang dengan cepat?

Siapkan mentalmu dahulu.

Kunci untuk Belajar Bahasa Jepang

Kunci untuk Belajar Bahasa Jepang

Apa benar bahasa Jepang itu bahasa tersulit di dunia? Bagian mananya yang sulit ya? Rangkuman singkat mengenai bahasa Jepang ada di artikel ini!

Seperti Apakah Bahasa Jepang Itu?
Apakah Anda tahu seperti apa bahasa Jepang? Banyak yang bilang kalau bahasa Jepang itu sulit, tapi apa benar begitu? Di artikel ini, kami akan memperkenalkan tentang dasar-dasar bahasa Jepang, pelafalan yang benar, serta beberapa artikel terkait yang akan berguna bagi pembelajaran bahasa Jepang Anda.

Bahasa Terbesar No. 9 di Dunia!
Penutur asli (native speaker) bahasa Jepang berjumlah kurang lebh 127 juta orang. Sementara itu, di antara seluruh bahasa di dunia yang berjumlah kurang lebih 6 ribu bahasa, bahasa Jepang menempati urutan ke-9 dalam jumlah native speakerlho!

Urutan Kelas Kata dalam Kalimat
Sekitar 50% bahasa di seluruh dunia memiliki kalimat dengan urutan SOP (subjek, objek, predikat)

Bagitu juga dalam bahasa Jepang, misalnya:

Watashi (S) ringo wo (O) tabeta (P) → Saya makan apel (bentuk lampau)

Akan tetapi, native speaker biasanya tidak mengucapkan subjek kalimat dalam pembicaraan. Jadi, mereka hanya mengucapkan “ringo wo tabeta”.

Dalam kaos bertuliskan I ♥ NY, bila dibuat dalam versi Tokyo adalah 私 ♥ 東京 (watashi love Tokyo). Walaupun kaos bertuliskan seperti itulah yang banyak beredar di pasaran, sebenarnya akan lebih natural bila ditulis 東京♥ (Tokyo Love).

Namun, jangan senang dulu, ternyata ada 2 hal yang membuat bahasa Jepang dianggap sulit!

Tiga Jenis Huruf dalam Bahasa Jepang
Bahasa Jepang menggunakan 3 jenis huruf, yaitu Kanji (huruf yang berasal dari Cina), Hiragana, dan Katakana.

※Selain ke-3 huruf tersebut, huruf alfabet juga digunakan.

Hiragana dan Katakana masing-masing terdiri dari 48 huruf, sedangkan kanji yang digunakan dalam bahasa Jepang berjumlah lebih dari 2.000 huruf. Banyak orang yang bilang, latihan kanji adalah tahap tersulit dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Berbeda dengan huruf alfabet yang tidak bisa berdiri sendiri ataupun punya arti sendiri setiap hurufnya, huruf kanji bisa berdiri sendiri dan setiap huruf kanji mempunyai arti tersendiri. Jadi, saat membaca kata-kata dalam bahasa Inggris yang tersusun dengan huruf alfabet, mungkin Anda tidak mengetahui arti kata tersebut. Akan tetapi, saat membaca kata yang tersusun dengan huruf Kanji, Anda bisa mengerti arti kata tersebut dari huruf kanji penyusunnya saja.

Adanya Penggunaan “Keigo“, Bahasa Sopan untuk Orang yang Lebih Tua
Dalam kehidupan sehari-hari saat berbicara dengan keluarga, orang lain yang sebaya, dan teman, orang Jepang biasanya menggunakan bahasa Jepang kasual (bahasa Jepang “bentuk biasa” yang mungkin biasa diajarkan di lembaga pendidikan bahasa Jepang). Akan tetapi, bila berbicara dengan misalnya atasan, orang yang disegani, dan lain sebagainya, orang Jepang biasa menggunakan bahasa Jepang bentuk sopan atau keigo.

Bahkan, orang-orang muda di Jepang biasanya menggunakan keigo untuk berbicara dengan orang lain yang baru dikenalnya. Nah, saat pembicaraan mengalir, biasanya salah satunya akan bertanya “tamego demo ii?” (boleh bicara dengan bahasa yang biasa?).

Keigo terkadang memiliki ungkapan yang sangat berbeda dengan bahasa Jepang kasual. Banyak pembelajar bahasa Jepang yang mengatakan bahwa keigo sulit untuk dipelajari. Bahkan, orang Jepang sendiri kadang salah dalam penggunaanya. Jadi, bagi Anda pembelajar bahasa Jepang lebih baik jangan terlalu terbebani dengan hal ini.

Bahasa Jepang di Tokyo dan Osaka Berbeda, Lho!
Dalam bahasa Jepang ada banyak dialek. Masing-masing dialek memiliki keunikan tersendiri, mulai dari intonasi, aksen, bahkan sampai penggunaan kata-kata dan ungkapan yang berbeda dari bahasa Jepang pada umumnya.

Sederhananya, di Jepang terdapat beberapa bahasa yang mirip dengan bahasa Jepang pada umumnya. Dialek yang ada bermacam-macam tersebut adalah salah satu ciri khas dalam bahasa Jepang.

Apakah Anda berencana pergi ke Osaka atau Kyoto saat berwisata ke Jepang nanti? Orang Jepang di wilayah Osaka, Kyoto, dan sekitarnya berbicara menggunakan dialek Kansai atau. Bila ditelaah lebih lanjut, dialek Kansai terbagi atas dialek Osaka dan dialek Kyoto.

Salah satu contoh dialek Kansai adalah kata “honma?”. Sama seperti kata “honto?”, kata ini berarti “benarkah?”.

・Anda tidak perlu khawatir karena bahasa Jepang biasa (tanpa terpengaruh dialek) yang Anda pelajari di lembaga-lembaga bahasa Jepang dapat digunakan di semua daerah di Jepang.

Apa Bisa Berkomunikasi Bahasa Inggris di Jepang?
Cukup “Nyambung” Kalau di Tempat Wisata di Tokyo
Di Jepang masih sedikit orang yang bisa berbicara bahasa Inggris. Akan tetapi, di tempat-tempat wisata, stasiun, restoran, dan tempat umum di Tokyo, biasanya Anda akan menemukan orang yang dapat berbicara bahasa Inggris atau setidaknya tulisan dalam bahasa Inggris. Misalnya pada menu restoran.

Bila orang Jepang yang Anda jumpai tidak terlalu lancar dalam berbahasa Inggris, mereka akan berusaha keras untuk memahami maksud Anda.

Biasanya papan petunjuk di stasiun, tempat wisata, dan beberapa tempat umum lain ditulis dalam bahasa Jepang, Inggris, Mandarin, dan Korea. Bahkan, sekarang ini mulai ada papan petunjuk dengan bahasa Portugal dan Vietnam, lho!

Selain Tokyo, kota lain yang banyak dikunjungi wisatawan seperti Osaka, Kyoto, dan beberapa kota lainnya biasanya memiliki terjemahan bahasa Inggris di setiap fasilitasnya. Akan tetapi, di daerah-daerah terpencil, kemungkinan bahasa Inggris Anda tidak banyak berguna.

Bagaimana Agar Orang Jepang Mengerti Bahasa Inggris Anda?
Walaupun orang Jepang sangat sedikit yang bisa berbahasa Inggris, kalau sekedar kata dalam bahasa Inggris, banyak orang yang mengerti kok! Berikut hal yang perlu Anda perhatikan agar orang Jepang mengerti bahasa Inggris Anda:

1. Berbicaralah pelan-pelan dan hindari menggunakan kalimat panjang.

2. Tinggikan pitch suara Anda (khususnya bagi laki-laki).

3. Cobalah menulis hal yang ingin Anda katakan (gunakan huruf kapital)

Dengan 3 cara ini, bahkan orang Jepang yang tidak dapat berbahasa Inggris pun, mungkin bisa mengerti maksud Anda.

Cara Mengucapkan Beberapa Frasa Berguna dalam Bahasa Jepang
Kami merangkum bahasa Jepang sederhana dilengkapi dengan cara bacanya dalam alfabet untuk memudahkan pembelajar pemula.

※cara baca dalam alfabet yang kami gunakan bukan yang biasa Anda temui di buku pelajaran bahasa Jepang, namun cara baca yang mendekati pelafalan aslinya.

Dasar Pelafalan
・Saat tidak ada tanda perpanjangan [:] maka Anda tidak perlu memperpanjang bunyi vokal atau memberikan penekanan. Jadi, bunyi vokal dan penekanan pada masing-masing suku kata adalah sama.

・Saat mengucapkan kalimat tanya, jangan lupa naikkan intonasi. Namun jangan terlalu naik karena nanti akan terdengar tidak sopan.

Simbol
Bila Anda menemukan tanda 「っ」 dalam bahasa Jepang, maka anggap saja ini adalah tanda untuk berhenti sebentar. Dalam musik, tanda ini dapat diumpamakan sebagai staccato. Akan tetapi, jangan membuat suara anda lebih tinggi atau menguatkan bunyi pada suku kata sebelumnya. Pada tulisan cara baca dengan alfabet biasanya akan ditulis dengan dua huruf konsonan yang sama.

Contoh:

きて[kite] → きって[kitte]

Ayo Berbicara dengan Bahasa Jepang!
Mungkin penjelasanya jadi terlalu panjang, tapi perlu Anda ingat bahwa percakapan dengan bahasa Jepang tidaklah sesulit yang Anda bayangkan! Bicaralah pada orang Jepang dengan tersenyum, maka orang Jepang pun akan dengan senang hati menanggapi.

Nah, mulai sekarang mari kita nikmati percakapan dalam bahasa Jepang tanpa perlu takut salah!